Ikan Kering, Salah Satu Usaha Andalan Warga Desa Muara

Karang Taruna Desa Muara. Ikan kering baik asin maupun tawar, adalah salah satu komoditas andalan masyarakat Desa Muara. Jenis usaha ini menjadi penyokong ekonomi warga. Dalam skala menengah dan besar, perusahaan Ikan Kering ini mampu menampung puluhan tenaga kerja yang umumnya adalah warga Desa Muara. Market dari usaha inipun cukup luas, ikan kering ini bisa dipasarkan hampir keseluruh pelosok Jawa Barat, DKI Jakarta, bahkan sebagian lagi bisa mencapai hingga ke pulau Sumatera, tepatnya ke sekitar wilayah Lampung.
Produksi ikan kering sendiri sangat bergantung pada pasokan ikan dan teriknya sinar matahari sebagai media pengeringan, ketika pasokan ikan berkurang maka produksi akan menalami sedikit penurunan. Begitu juga ketika musim penghujan tiba, proses pengeringan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, karena kurangnya waktu yang maksimal dalam proses penjemuran.

"Kalau musim hujan sedikit terganggu, karena harus menjemur disaat terik, dan mesti diangkat ketika akan hujan, kalau panas ya dijemur lagi," kata Suhenda, salah satu karyawan UD Kacung Jaya.
Tak hanya pengusaha dan pekerja saja, tetapi masyarakat Desa Muara yang lain juga akan merasakan dampak dari musim penghujan. Menurunnya perputaran uang  yang dihasilkan dari bisnis ini akan memberi dampak langsung pada para pekerja, jika satu perusahaan ini menampung 10 hingga 20 pekerja maka akan ada 30 hingga 50 orang bahkan lebih yang akan merasakan dampaknya. 

Meskipun usaha ini belum tersentuh oleh berbagai pasilitas dan kemudahan dari pemerintah baik itu Pusat, Provinsi ataupun Pemkab Subang sendiri, tetapi jenis usaha ini tetap eksis dan menjadi salah satu sumber ekonomi warga Desa Muara. (BDLV)
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Ikan Kering, Salah Satu Usaha Andalan Warga Desa Muara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel