Bupati Subang/subang.go.id
Soeara Rakjat, Historia. Kabupaten Subang, adalah sebuah Daerah Tingkat II di Jawa Barat, yang letak wilayahnya berada disebelah utara Bandung. Subang juga berbatasan dengan Purwakarta dan Karang di Barat, Majalengka dan Indramayu di Timur, serta Sumedang di bagian tenggara. Sementara mayoritas wilayah utaranya berbatasan dengan laut Jawa. 

Kabupaten Subang sendiri tak lepas dari eksistensi wilayah Karawang sebagai salah satu basis gerilyawan di Jawa Barat. Atas keputusan Wali Negara Pasundan tanggal 29 Januari Nomor 12 Tahun 1949, Karawang kemudian dibagi menjadi dua, yaitu Karawang Barat dengan Ibukota di Karawang dan Karawang Timur yang kemudian disebut Kabupaten Purwakarta dengan Ibukotanya di Subang. 

Wilayah Kabupaten Purwakarta saat itu meliputi seluruh wilayah Kabupaten Subang dan Purwakarta saat ini. Pada tahun 1968, Kabupaten Purwakarta dibagi menjadi dua melalui UU. No. 4 Tahun 1968 yang membagi Kabupaten Purwakarta menjadi dua, yaitu Kabupaten Subang dengan Ibukotanya di Subang, dan Kabupaten Purwakarta yang beribukota di Purwakarta. 

Sejak itu, Kabupaten Subang dan Purwakarta menjadi dua kabupaten yang berbeda. Meski demikian keduanya masih memiliki rasa ikatan dan kebersamaan karena berdasar pada mayoritas etnis, budaya maupun adat istiadat yang relatif sama. 

Kabupaten Subang sendiri selalu memperingati hari jadinya pada 5 April, sejak tahun 1948. Berikut ini adalah nama-nama yang pernah menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Subang:
1 2 3 4 5
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to " "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel